SNIPS 2017 Conference

Profil Inquiry Skill Siswa Kelas X MA Al Inayah Bandung pada Topik Gaya Gesek dengan Media Bidang Miring
Siti Nurdianti Muhajir (a*), Maya Mustika (a), Setya Utari (a)

a) Program Magister Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi, no 229 Bandung 40154, Indonesia
*sitinurdiantimuhajir[at]student.upi.edu


Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan berinkuiri siswa kelas X di MA Al-Inayah dengan bantuan media tracker dan bidang miring pada mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan desain one shoot case study. Subyek penelitiannya adalah 22 siswa kelas X MA Al-Inayah Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar kegiatan siswa yang didalamnya berisi pertanyaan pendahuluan yang di sesuaikan dengan indikator keterampilan inkuiri. Hasil penelitian menunjukan 83,64% siswa dapat merumuskan tujuan, 83,64% siswa dapat merumuskan alat bahan, 78,2% siswa dapat merumuskan prosedur percobaan, 76,4% siswa dapat membuat tabel pengamatan yang sesuai, 76,4% siswa dapat mengolah dan menghitung data dengan benar, 94,6% siswa dapat menyimpulkan.

Keywords: Inquiry skills; Media Bidang miring

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/2DW4RL3ABT6r

Web Format | Corresponding Author (Siti Nurdianti Muhajir)

PDF (242 kB)