MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI LESSON STUDY: SEBUAH PERSPEKTIF
Didi Suhaedi
Program Studi Matematika
Universitas Islam Bandung
Abstract
Komunikasi matematis, sebagai bagian dari daya matematis, merupakan suatu kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa dalam mempelajari materi-materi matematika. Tumbuh kembangnya komunikasi matematis siswa sangat dipengaruhi oleh partisipasi aktif siswa secara kolaboratif dalam proses pembelajaran matematika. Lesson study sebagai pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student center) memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Diskusi kelompok dan kelas dapat menjadi wahana bagi siswa untuk melalukan peer colaboration dalam rangka mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan menguasai materi matematika. Makalah ini mendiskusikan tentang kontruksi kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Lesson Study.
Keywords: komunikasi matematis, lesson study
Topic: Pembelajaran