STUDI AWAL PERSEPSI GURU PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAT TOGETHER (NHT)DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs KABUPATEN BUNGO
Aswana1), Asrial 2)
Universitas Jambi
Abstract
Pengajaran sains di MTS di Kabupaten Bungo Jambi masih berpusat pada guru, sehingga keterlibatan siswa pada proses pembelajaran menjadi terbatas. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pengajaran langsung seperti deduktif-induktif dan pembelajarannya berpusat pada guru. Pada proses pembelajaran tersebut, guru memberikan penjelasan kepada siswa sehingga menyebabkan siswa tidak aktif. Guru sains perlu didorong untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Makalah ini melaporkan studi pendahuluan tentang persepsi guru sains terhadap implementasi pembelajaran kooperatif tipe Number heat together (NHT) dalam pembelajaran sains di kelas. Guru merasa sulit mengimplemetasikan kedua tipe tersebut dalam kelas yang sebenarnya. Perlu studi yang lebih lanjut guna mendalami persepsi guru sains tentang pembelajaran Kooperatif.
Keywords: Persepsi guru, Model Number Heat Together(NHT), Guru Sains
Topic: Pembelajaran (EDU)