SNIPS 2016 Conference

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY (LOI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS
Maulana Achmad (a*) dan Andi Suhandi (b)

a) Program Studi Magister Pendidikan Fisika Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudi No.229 Bandung
*m.achmad86[at]gmail.com

b) Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudi No.229 Bandung


Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran levels of inquiry pada materi fluida statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan literasi sains siswa SMA sebagai efek dari penerapan model pembelajaran levels of inquiry pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Purwakarta dengan metode eksperimen semu dan desain non-randomized pretest-postest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 60 orang siswa yang dibagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing jumlahnya 30 orang. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan model levels of inquiry, sedangkan kelas kontrol mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan model demonstrasi interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model levels of inquiry lebih tinggi disbanding kemampuan literasi sains siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model demonstrasi interaktif pada semua aspek yang mencakup aspek kompetensi, aspek konteks dan aspek pengetahuan.

Keywords: Literasi Sains, Model Pembelajaran Levels of Inquiry, dan Pembelajaran Demonstrasi Interaktif

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/2jEfN4kVx39z

Web Format | Corresponding Author (Maulana Achmad)

PDF (124 kB)