Strategi membangun E-Banking Service, Experiental Marketing, Customer Value Untuk Menciptakan Kepuasan Nasabah Berorientasi Loyalitas Pada Bank Bni 46 Syariah
Chitra Laksmi Rithmaya
STIE Perbanas Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi layanan e-banking, experiental marketing dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah BNI 46 syariah. Populasi pada penelitian ini adalah Nasabah BNI 46 Syariah yang ada di Kota Surabaya. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposove sampling sejumlah 300 nasabah yang sudah menabung di BNI Syariah selama minimal lima tahun. Untuk menguji enam hipotesis pada penelitian ini menggunakan analsisis jalur. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah layanan e-banking, experiental marketing dan nilai pelanggan. Variabel intervening kepuasan nasabah. Variabel Endogen loyalitas nasabah. Kesimpulan hasil penelitian adalah : (1) layanan e-banking bepengaruh terhadap kepuasan nasabah ; (2) experiental marketing bepengaruh terhadap kepuasan nasabah ; (3) nilai pelanggan bepengaruh terhadap kepuasan nasabah ; (4) layanan e-banking bepengaruh terhadap loyalitas nasabah ; (5) nilai pelanggan bepengaruh terhadap loyalitas nasabah ; (6) kepuasan nasabah bepengaruh terhadap loyalitas nasabah
Keywords: layanan e-banking, experiental marketing, nilai pelanggan, loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah
Topic: Manajemen Pemasaran