SNIPS 2016 Conference

Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
Nina Agustina*, Asep Sutiadi, dan Heni Rusnayati

Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil kemampuan kognitif yang dimiliki oleh siswa SMA dalam menguasai materi Hukum Newton. Kemampuan kognitif dijaring dengan menggunakan instrumen tes yang sudah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Instrumen tes tersebut merupakan lembar soal bentuk pilihan ganda yang mencakup enam dimensi proses kognitif yang dikombinasikan dengan tiga dimensi pengetahuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 28 siswa SMA cluster tinggi dan 40 siswa SMA cluster rendah. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan memberikan soal kepada siswa yang kemudian jawaban siswa tersebut diolah kedalam bentuk nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA cluster tinggi maupun siswa SMA cluster rendah memiliki kemampuan yang tinggi hanya pada dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan tingkat rendah. Secara keseluruhan, siswa SMA cluster tinggi memiliki kemampuan yang cukup dalam menguasai materi Hukum Newton jika ditinjau berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Persentase yang diperoleh oleh siswa SMA cluster tinggi tersebut mencapai 66,47%. Sedangkan siswa SMA cluster rendah masih memiliki kemampuan yang sangat kurang dalam menguasai materi tersebut, karena hanya mencapai 45%.

Keywords: kemampuan kognitif, Taksonomi Bloom Revisi, Hukum Newton

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/3CAj4wBPUrXZ

Web Format | Corresponding Author (Nina Agustina)