EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA SMA TERHADAP KEMAMPUAN YANG DIUJINASIONALKAN MATA PELAJARAN FISIKA DI MALUKU UTARA
Saprudin
Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Khairun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektifitas penerapam model kooperatif berbasis multimedia untuk meningkatkan penguasaan siswa SMA terhadap kemampuan yang diujinasionalkan pada mata pelajaran fisika di provinsi Maluku Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2014/2015 pada salah satu SMA di Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Berdasarkan hasil analisis statistik disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif STAD berbasis multimedia lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada kemampuan yang diujinasionalkan dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif STAD tanpa penggunaan multimedia dan pembelajaran konvensional.
Keywords: Model kooperatif STAD, multimedia, ujian nasional
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/3eLvY2yFXNfd