SNIPS 2017 Conference

Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar
Agnesia A. Suryani,I Made Astra, M.Si, dan Raihanati

Prodi Pendidikan Fisika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta


Abstract

Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar, (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sehingga layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi lima tahapan yaitu; analisis (analyse), perancangan (design), pengembangan (development), pengimplementasian (implementation) dan evaluasi (evaluation). Proses pembuatan media video pembelajaran terdapat tiga proses yaitu proses persiapan, tahap produksi dan pasca produksi. Penelitian ini memperoleh data dari angket analisis kebutuhan lapangan, uji validasi (ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran) dan uji kelayakan produk menggunakan skala likert. Uji validasi dilakukan oleh dosen ahli pada masing-masing bidang, sedangkan uji kelayakan produk dilakukan terhadap peserta didik kelas XI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan video pembelajaran interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.

Keywords: Video pembelajaran interaktif, penedekatan kontekstual, dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/3gaxAVmrhGc2

Web Format | Corresponding Author (Agnesia Astri Suryani)

PDF (445 kB)