SNIPS 2017 Conference

Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Bahasan Teori Kinetik Gas
Puspita Wahyu Kirlani (*a), I Made Astra (b), Raihanati (b)

Universitas Negeri Jakarta


Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran interaktif fisika pada materi teori kinetik gas sebagai bahan ajar untuk SMA kelas XI. Video interaktif yang dikembangkangkan disusun berdasarkan tahapan model Problem Based Learning dilengkapi dengan lembar kerja siswa (LKS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah dengan langkah-langkah : (1) studi literatur, (2) analisis kebutuhan, (3) desain video pembelajaran, (4) pengembangan video pembelajaran, (5) validasi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Proses pembuatan media video pembelajaran terdapat tiga proses yaitu proses persiapan, tahap produksi dan pasca produksi. Penelitian ini memperoleh data dari angket analisis kebutuhan lapangan, uji validasi (ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran) dan uji kelayakan produk menggunakan skala likert. Uji validasi dilakukan oleh dosen ahli pada masing-masing bidang, sedangkan uji kelayakan produk dilakukan terhadap peserta didik kelas XI. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.

Keywords: Research and Development, Video pembelajaran inteaktif, Teori kinetik gas

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/3vbchABN2QEd

Web Format | Corresponding Author (Puspita Wahyu Kirlani)