PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DENGAN STRATEGI PDEODE PADA POKOK BAHASAN TEORI KINETIK GAS UNTUK SISWA KELAS XI SMA
Fitri Nurmayanti, Fauzi Bakri, Esmar Budi
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berbentuk modul elektronik yang saintifik dengan strategi pembelajaran PDEODE (Predict � Discuss I � Explain I � Observe � Discuss II � Explain II ). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze � Design � Develop � Implementation � Evaluation). Modul dikembangkan dengan menggunakan program 3D PageFlip Proffesional. Program ini dapat diperkaya dengan tampilan video, animasi, dan evaluasi online. Modul yang dihasilkan sudah diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas XI SMA. Hasil ujicoba terbatas ini memperlihatkan bahwa ada ketertarikan siswa terhadap modul yang dihasilkan. Namun, ada beberapa bagian yang memerlukan perbaikan seperti pada tampilan. Tes formatif dan sumatif yang ditampilkan dengan menggunakan program iSpring akan langsung mendapatkan umpan balik berupa skor dan terpantau pula melalui e-mail guru.
Keywords: media pembelajaran, modul elektronik fisika, PDEODE, pembelajaran saintifik
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/49pngZXCrxqd