SNIPS 2017 Conference

Belajar Fisika dari Sungai Cimanuk
Iman Nurzaman

ITB


Abstract

Sungai telah menjadi faktor utama pendukung keberadaan suatu peradaban. Sedangkan perkembangan peradaban berhubungan erat dengan ilmu pengetahuan. Pemanfaatan sungai untuk pembelajaran selain dapat meningkatkan taraf berpikir dan taraf hidup masyarakat, juga dapat turut menjaga kelestarian sungai itu sendiri. Sungai Cimanuk?yang berhulu di kaki gunung Papandayan Kabupaten Garut dan mengalir hingga muaranya di Indramayu, telah dimanfaatkan oleh lembaga pemerintah maupun lembaga non-pemerintah untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Manfaat ini akan menjadi lebih besar jika dibuat laboratorium alam, yaitu tatanan yang mempergunakan alam sebagai media untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Laboratorium alam di sungai Cimanuk dapat dibuat untuk mempelajari banyak hal, namun untuk kajian ini, dibatasi pada penyusunan bahan ajar untuk mempelajari Fisika yang diselaraskan dengan penerapan kurikulum 2013 Revisi, yaitu memadukan materi pembelajaran dalam kegiatan Kepramukaan sehingga pembelajaran dapat lebih bersifat kontekstual dan dilaksanakan melalui hands-on activities. Konten materi yang dibahas dalam bahan ajar adalah: 1) sifat fluida yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah; 2) praktik pengukuran panjang, kedalaman, dan luas penampang sungai; 3) praktik pengukuran debit dan laju aliran fluida; 4) praktik penerapan prinsip Bernoulli, seperti pembuatan venturimeter sederhana; 5) praktik pembuatan hidram. Segmen sungai Cimanuk yang dipilih yang berlokasi di dekat sekolah dari tingkat SD hingga SMA di kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, dan dijadikan sebagai purwa-rupa paket laboratorium alam dan bahan ajarnya agar dapat diterapkan di sungai lain yang memiliki karakteristik serupa.

Keywords: sungai, cimanuk, fluida, pramuka

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/4cDLTMdPEaHK

Web Format | Corresponding Author (IMAN NURZAMAN)