KAJIAN HASIL PELAKSANAAN PELATIHAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BAGI GURU SD DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2018
Lintang Ratri Prastika (a*), Lukman Nulhakim (a), dan Lili Indarti (a,b)
a)SEAMEO Regional Cantre for QITEP in Science,
Jl. Diponegoro no. 12 Bandung, Indonesia, 40115
*lintang.seaqis[at]gmail.com
b)Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA,
Jl. Diponegoro no. 12 Bandung, Indonesia, 40115
Abstract
Pada tahun 2018 SEAMEO Regional Centre for QITEP in Science (SEAQIS) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo melaksanakan Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri bagi guru SD di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan salah satu bagian dari proses pengembangan program pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan di SEAQIS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelatihan dan respon peserta terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Metode penelitian lemah the one-group pretest-post-test design dan pengambilan sampel penelitian secara purposive digunakan dalam penelitian ini. Jumlah sampel adalah 29 orang yang merupakan guru SD peserta pelatihan. Instrument penelitian berupa instrument soal tes untuk mengetahui efektifitas pelatihan, dan kuesioner untuk mengetahui respon guru terhadap pelatihan. Menggunakan analisis data gain ternormalisasi milik Hake, diperoleh nilai efektifitas pelatihan sebesar 0.38 yang berarti pelaksanaan pelatihan cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait materi pelatihan. Sedangkan respon guru diolah secara persentase dan grafik, diperoleh hasil rata-rata 56% peserta menilai sangat baik terhadap proses pelatihan dan rata-rata sebanyak 68% peserta menilai sangat baik pada performa fasilitator selama pelatihan. Berdasarkan hasil tersebut pelatihan yang dilaksanakan sudah dinilai baik oleh para peserta namun perlu dilakukan pengembangan program pelatihan lanjutan sehingga para guru peserta pelatihan berikutnya akan lebih memahami tentang model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA.
Keywords: Pelatihan Guru, Inkuiri
Topic: Pembelajaran