SKF 2015 Conference

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN EXELEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
saeful nurdin (a)*, Wawan Setiawan (b)

(a)* Balai Diklat Keagamaan Bandung
(b) FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia Bandung


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan exelearning dengan tidak berbantuan exelearning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa kelas-X IPA di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode quasi-experimental. Data hasil penelitian yang didapat melalui analisis N-gain kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan PBM berbantuan exelearning terdapat peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan PBM tanpa bantuan exelearning. Hubungan kemampuan kognitif dengan keterampilan berpikir kreatif siswa yang menggunakan PBM bantuan exelearning ditandai dengan indeks korelasi yang signifikan sebesar rxy = 0,55, dan sumbangan antara variabel kemampuan kognitif dengan variabel keterampilan berpikir kreatif sebesar 30,67%. Untuk tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan exelearning hampir seluruh siswa memberikan sikap setuju dengan taraf signifikansi kuat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan exelearning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Keywords: Kemampuan Kognitif, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Exelearning.

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/64VAnEqCuQKG

Web Format | Corresponding Author (saeful nurdin)