SNIPS 2015 Conference

Penerapan Model Pembelajaran Content, Context, Connection, Researching, Reasoning, Reflecting (3C3R) untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Larutan Penyangga
Reni Fathiyah Azkiani*, Cucu Zenab Subarkah, dan Sari


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan model pembelajaran 3C3R pada konsep larutan penyangga serta mengetahui keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model 3C3R pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas, adapun subjek penelitiannya siswa kelas XI MIA 5 SMAN 26 Bandung. Instrumen yang digunakan berupa LKS dan tes evaluasi KPS. Hasil penelitian ini meliputi kemampuan siswa pada tiap tahapan model pembelajaran 3C3R, diperoleh nilai rata-rata setiap tahapan sebagai berikut: tahapan Researching Context memliki nilai rata-rata 88, Researching Content 88,89, Researching Connection 86,67, Reasoning Context 86,67, Reasoning Content 70,59, Reasoning Connection 93,33, Reflecting Context 90, Reflecting Content 76, dan Reflecting Connection 93,33. Adapun pengembangan keterampilan proses sains dilihat dari hasil tes evaluasi diperoleh nilai rata-rata setiap indikator, diantaranya nilai kemampuan mengelompokkan sebesar 89,25, mengkomunikasikan sebesar 79,33, meramalkan sebesar 84,75, merencanakan percobaan sebesar 85,83, menafsirkan sebesar 70,89, dan mengajukan pertanyaan sebesar 91. Maka diperoleh rata-rata nilai keseluruhan indikator sebesar 83,51 dengan kategori sangat baik.

Keywords: 3C3R, Keterampilan proses sains, Larutan penyangga.

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/6Ah2J8LQVjuZ

Web Format | Corresponding Author (Reni Fathiyah Azkiani)