FMI 2019 Conference

Peran Citra Merek, Ekuitas Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Sikap Konsumen Akan Penggunaan Produk Kosmetik Ramah Lingkungan (Studi Empiris: Konsumen Wanita Generasi Millenial di Kota Malang)
Ayu Febriyanti Puspitasari,SE.,MM.,MBA dan Faiq Hilyatul Izzah

Politeknik Negeri Malang


Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh makin kompetitifnya industri produk kosmetik dengan konsep ramah lingkungan di Kota Malang. Fenomena menunjukan bahwa telah terjadi perubahan pola konsumsi pada konsumen wanita terutama produk kosmetik dari kosmetik konvensional menuju kosmetik dengan konsep ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran citra merek, ekuitas merek dan kualitas produk terhadap sikap konsumen wanita generasi millennial di Kota Malang akan penggunaan produk kosmetik dengan konsep ramah lingkungan baik pengaruhnya secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen wanita di Kota Malang. Dasar penentuan sampel menggunakan metode sampling berstrata (stratified random sampling) sehingga hanya konsumen wanita yang masuk dalam generasi millennial (usia 25-40 tahun) yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis regresi berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: citra merek (X1), ekuitas merek (X2), kualitas produk (X3) dan sikap konsumen (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek (X1) dan kualitas produk (X3) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap sikap konsumen (Y) akan penggunaan produk kosmetik ramah lingkungan. Sedangkan Ekuitas Merek (X2) tidak menunjukan hubungan positif terhadap sikap konsumen karena konsumen lebih terkesan pada citra merek dan kualitas produk kosmetik ramah lingkungan. Citra merek (X1), ekuitas merek (X2), kualitas produk (X3) juga memiliki peran positif secara simultan terhadap sikap konsumen (Y) akan penggunaan produk kosmetik ramah lingkungan. Melihat tingginya respon konsumen wanita generasi millennial yang sangat adaptif terhadap perubahan zaman dalam menggunakan produk kosmetik ramah lingkungan sebaiknya produsen kosmetik ramah lingkungan terus melakukan inovasi pada produk ada. Konsep “Green” dari sisi kemasan yang ramah lingkungan dan bahan baku kosmetik yang tidak menggunakan hewan sebagai percobaan merupakan nilai tambah bagi konsumen wanita terutama generasi millennial untuk menjatuhkan pilihan konsumsi produk kosmetik dengan konsep ramah lingkungan.

Keywords: citra merek, ekuitas merek, kualitas produk, sikap konsumen, kosmetik ramah lingkungan, konsumen wanita, generasi millenial

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/6HpLcKM2m7JC

Web Format | Corresponding Author (Ayu Febriyanti Puspitasari,SE.,MM.,MBA)