Keterampilan berpikir kreatif siswa melalui eksperimen berbasis predict observe explain pada pembuatan gel pembersih tangan
Riska Prihatin
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan berpikir kreatif siswa melalui eksperimen berbasis predict observe explain pada pembuatan gel pembersih tangan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 10 Bandung yang berjumlah 37 siswa dan dibagi ke dalam 7 kelompok. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar observasi presentasi dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator lancar mengungkapkan gagasan-gagasannya, rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa berada pada level 1 dengan kategori kurang kreatif. Sedangkan pada indikator mempunyai banyak gagasan mengenai suatu masalah, memiliki cara berpikir lain daripada yang lain, merancang suatu rencana kerja dari gagasan yang tercetus, mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mencapai suatu keputusan, menentukan pendapat sendiri mengenai suatu hal serta pada indikator menyelesaikan suatu masalah biasanya dengan memikirkan macam-macam cara yang berbeda untuk menyelesaikannya, rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa berada pada level 2 dengan kategori cukup kreatif. Dan pada indikator dapat dengan cepat melihat kesalahan atau kekurangan pada suatu objek atau situasi, rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa berada pada level 3 dengan kategori kreatif.
Keywords: eksperimen, keterampilan berpikir kreatif, predict observe explain
Topic: Pembelajaran