SNIPS 2016 Conference

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS MAHASISWA PADA PENENTUAN KADAR KLORIDA AIR MINERAL KEMASAN BERBASIS INKUIRI LABORATORIUM TERBIMBING
Dinar Hadiswara, Cucu Zenab Subarkah, Yulia Sukmawardani

UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan generik sains mahasiswa pada penentuan kadar klorida air mineral kemasan melalui pembelajaran Inkuiri Laboratorium Terbimbing (ILT). ILT mengadospsi tahapan pembelajaran Learning Cycle yang terdiri dari Orientasi, Eksplorasi, Penemuan Konsep, Aplikasi dan Penutup. Setiap tahapan yang dilakukan menitik beratkan pada proses kognitif dan keterampilan generik sains mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kimia Analitik 2 semester IV Prodi Pendidikan Kimia sebanyak 57 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian psikomotor, lembar kerja, lembar penilaian laporan dan presentasi yang menitik beratkan terhadap penilaian keterampilan generik sains. Pengolahan data dilakukan dengan merata-ratakan nilai setiap indikator keterampilan generik sains yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan generik sains yang dikembangkan melalui pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 88,1. Indikator membangun konsep memperoleh nilai rata-rata 95,1, inferensi logika 85,8, kerangka logika 87,7, pemodelan matematik 85,9, hukum sebab akibat 89,1, abstraksi 86,5, bahasa simbolik 76,6 pengamatan 92,8 dan kesadaran skala 93,1.

Keywords: Inkuiri Laboratorium Terbimbing (ILT), Keterampilan Generik Sains, Kadar Klorida.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/7VMKh4HxCwpX

Web Format | Corresponding Author (Dinar Hadiswara)

PDF (301 kB)