STUDI AWAL PERSEPSI GURU PADA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TPS DIPADU DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA KABUPATEN SAROLANGUN
Awanda Nur Hotimah, Damris M
Universitas Jambi
Abstract
Pengajaran kimia saat ini di SMA di Kabupaten Sarolangun Jambi masih berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran menjadi terbatas. Bagaimanapun, guru merasa nyaman dengan pendekatan tradisional yang mereka gunakan selama ini. Guru kimia perlu didorong untuk menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Makalah ini melaporkan studi pendahuluan tentang persepsi guru kimia terhadap implementasi pembelajaran kooperatif type TPS yang dikombinasikan dengan multimedia dalam pembelajaran kimia di kelas. Dua belas guru dengan pengalaman mengajar yang berbeda diwawancarai tentang implementasi TPS dan multimedia dalam pembelajaran kimia. Pada umumnya guru mempersepsikan kooperatif type TPS tidakmudah untuk diimplementasikan dalam kelas yang sebenarnya. Guru juga memandang mereka tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk membuat dan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran secara efektif. Perlu studi yang lebih luas untuk mendalami persepsi guru kimia tentang pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dikombinasikan dengan multimedia ini.
Keywords: Pembelajaran Kimia, TPS, Persepsi Guru, Multimedia
Topic: Pembelajaran (EDU)