Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP pada Tema Energi dalam Tubuh Menggunakan Metode 4S TMD (Four Steps Teaching Material Development)
Gia Juniar Nur Wahidah, Sjaeful Anwar
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA SMP pada tema �Energi dalam Tubuh� dengan menggunakan metode 4S TMD (Four Steps Teaching Material Development). Tema energi dalam tubuh dipilih karena konsep ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Konsep ini pun sesuai dengan standar isi pada kurikulum IPA tingkat SMP. Materi disajikan secara terpadu sehingga memacu siswa untuk berpikir secara holistik dan kontekstual.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian dan pengembangan yang ini, digunakan metode 4S TMD(Four Steps Teaching Material Development). Metode 4S TMD sendiri merupakan metode pengembangan bahan ajar yang dikembangkan oleh Dr. Sjaeful Anwar, M.Sc. Terdapat empat tahap yang dilakukan pada pengembangan bahan ajar yang dilakukan, yakni tahap seleksi, tahap strukturisasi, tahap karakterisasi, dan tahap reduksi didaktik. Tahap seleksi meliputi pemilihan indikator yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang kemudian dikembangkan dengan pemilihan konsep dan nilai yang diintegrasikan dengan konsep IPA. Tahap strukturisasi meliputi pembuatan struktur makro, peta konsep, dan multipel representasi dari materi. Tahap karakterisasi meliputi penyusunan instrumen karakterisasi, kemudian uji coba kepada siswa SMP untuk mengidentifikasi konsep sulit. Tahap terakhir, yaitu reduksi didaktik konsep terhadap konsep sulit.
Keywords: bahan ajar,energi, 4S TMD
Topic: Pembelajaran (EDU)