SNIPS 2017 Conference

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Hilda Foricma, Setiya Utari, dan Endi Suhendi

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi pesawat sederhana melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan KPS. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest, menggunakan populasi siswa kelas VIII yang berada di bawah pengajaran guru yang sama di salah satu SMPN di Kabupaten Bandung dan sampling 35 orang yang diperoleh secara random. Pengukuran kemampuan kognitif dalam penelitian ini menggunakan tes essay yang berjumlah 19 soal dan dibatasi pada ranah kognitif C2 (Memahami), C3 (Menerapkan), dan C4 (Menganalisis), dengan reliabilitas soal 0,84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan KPS dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan nilai gain ternormalisasi 0,66 (kategori sedang). Untuk kemampuan kognitif ranah C2 mengalami peningkatan 0,64 dalam kategori sedang, ranah C3 mengalami peningkatan 0,33 dalam kategori sedang, dan ranah C4 mengalami peningkatan 0,18 dalam kategori rendah.

Keywords: Kemampuan Kognitif , Pendekatan KPS

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/7ndAEut4DHZx

Web Format | Corresponding Author (Hilda Foricma)