SKF 2019 Conference

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN
Rahmawati (a,b*), Nuryani Y Rustaman (a), Ida Hamidah (a), Dadi Rusdiana (a)

a) Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, Indonesia
b) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin No. 259 Makassar 90221, Indonesia
*rahmawatisyam[at]unismuh.ac.id


Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu dari tujuh keterampilan berpikir yang penting di kehidupan abad 21. Proser pembekalan keterampilan pemecahan masalah dapat dilakukan melalui pembelajaran dan asesmen. Peran asesmen dalam melatihkan keterampilan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan mengembangkan instrumen penilaian yang baik dan dapat mengukur keterampilan pemecahan masalah, khususnya dalam fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada materi kelistrikan dan kemagnetan. Instrumen tes disusun berdasarkan kerangka kerja indikator pemecahan masalah model IDEAL oleh Bransford & Stein yaitu identifikasi masalah, penentuan tujuan, representasi masalah, eksplor strategi, jalankan stategi, dan melihat serta mempelajari kembali solusi pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan instrumen tes Oriondo & Antonio yang terdiri dari lima tahap, yaitu planning, developing preliminary of product, preliminary field testing, dan main field testing. Sebanyak tiga puluh enam butir soal dikembangkan berdasarkan enam indikator keterampilan pemecahan masalah yang dikelompokkan menjadi enam pokok soal terkait materi hukum Ohm, energi dan daya penghantar arus listrik, hukum Kirchhoff, rangkaian RC tentang pengisian dan pengosongan kapasitor, medan magnet, dan gaya magnet. Validasi isi ditentukan berdasarkan penilaian para ahli dan dianalisis untuk menentukan nilai koefisien CVR dan I-CVI. Validasi empirik bertujuan untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen tes yang dianalisis menggunakan pemodelan Rash berbantukan aplikasi program Winsteps version 3. 68. 2. Hasil pengembangan menunjukkan secara keseluruhan butir soal bersifat valid dengan tingkat reliabilitas tinggi (nilai Alpha Cronbach = 0,92). Berdasarkan penilaian para ahli dan ujicoba pada beberapa sampel maka disimpulkan bahwa instrumen tes keterampilan pemecahan masalah topik kelistrikan dan kemagnetan dapat digunakan.

Keywords: instrumen tes keterampilan pemecahan masalah. Koefisien CVR dan I-CVI, model Rasch, program Winsteps, materi kelistrikan dan kemagnetan

Topic: Pendidikan Fisika

Link: https://ifory.id/abstract-plain/827WJvK6tZcY

Web Format | Corresponding Author (Rahmawati Rahmawati)

PDF (348 kB)