Kajian Meta-Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Prestasi Akademik Peserta Didik
Mozes Markus Wullur (a), Alfonds Andrew Maramis (b*)
a) Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Manado (UNIMA), Jl. Kampus FIP UNIMA di Kaaten, Matani I, Tomohon, Indonesia, 95445
b) Laboratorium Microteaching, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Manado (UNIMA), Kampus UNIMA di Tondano, Minahasa, Indonesia, 95618
*alfondsmaramis[at]unima.ac.id
Abstract
Kecerdasan intelektual saja tidak memberikan persiapan bagi individu untuk menghadapi gejolak, kesempatan, ataupun kesulitan-kesulitan dalam kehidupan. Pada umumnya, siswa yang prestasi sekolahnya buruk, tidak memiliki satu atau lebih unsur-unsur kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mensintesis sejumlah penelitian yang mengkaji keterkaitan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik meta-analisis. Meta-analisis dilakukan terhadap 13 penelitian tentang kecerdasan emosional dan prestasi akademik peserta didik. Hasil meta-analisis memperkuat pembuktikan oleh masing-masing penelitian, bahwa kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi akademik peserta didik.
Keywords: Meta-analisis, kecerdasan emosional, prestasi akademik peserta didik
Topic: Pembelajaran
Link: https://ifory.id/abstract-plain/87M4Z9hAVfFW