Konsep Dasar Fisika dan Pengukuran Ketinggian Maksimum pada Mainan Baling-Baling
Nila Mutia Dewi (1) dan Lilik Hendrajaya (2)
1. Pengajaran Fisika,
Sekolah Pascasarjana ITB,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung,
Jl. Ganesha no. 10 Bandung, Indonesia, 40132
2.Kelompok Keilmuan Fisika Bumi dan Sistem Kompleks
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung,
Jl. Ganesha no. 10 Bandung, Indonesia, 40132
Abstract
Menjadi seorang guru fisika di tingkat menegah tidak terlepas dari berbagai macam tantangan dalam dunia pembelajaran, utamanya adalah bagaimana cara guru menyajikan materi kepada siswa. Banyak sekali metode yang dapat digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajarannya, salah satu adalah pembelajaran kontekstual. Salah satu aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari pada bab fluida dinamis adalah mainan baling-baling. Paper ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail konsep dasar fisika pada mainan baling-baling dan menentukan ketinggian maksimum yang dicapai oleh baling-baling ketika dimainkan. Hasil penelitian ini nantinya juga dapat digunakan sebagai referensi pada materi pengayaan fluida dinamis di kelas.
Keywords: Mainan baling-baling, pengukuran ketinggian maksimum
Topic: Pembelajaran (EDU)