POTENSI PENERAPAN MODEL JUST IN TIME TEACHING (JITT) MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Yeti Kurniawati
Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Program Magister UPI Bandung
Abstract
Kemampuan memahami konsep fisika diperlukan siswa untuk dapat memahami arti/makna dari sebuah konsep, situasi serta fakta yang diketahui, serta dapat menjelaskan dengan menggunakan kata-kata sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya dengan tidak mengubah artinya. Kemampuan ini dapat dimiliki apabila didalam pembelajaran fisika, siswa difasilitasi untuk menemukan konsep tersebut. Model Just in Time Teaching (JiTT) merupakan model pembelajaran berbasis inkuiri yang memanfaatkan penggunaan internet dan umpan balik siswa dan guru, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Model ini terdiri dari tiga tahapan yaitu warm up, adjusting concept, dan applying concept. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia, dimana sebagian besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook di Indonesia mengakses jejaring sosial tersebut dari perangkat mobile. Hasil analisis berbagai literatur mengungkapkan penerapan model JiTT menggunakan media facebook, dapat menumbuhkan minat siswa terhadap fisika, siswa juga difasilitasi untuk menemukan konsep melalui pembelajaran bermakna, sehingga siswa mampu memamahami sebuah konsep secara utuh dan maksimal.
Keywords: Just In Time Teaching, Facebook, Kemampuan memahami
Topic: Pembelajaran