ANALISIS LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KOTA BANDUNG
Muhammad Arsyad, Wahyu Sopandi, Didi Teguh Chandra
Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini adalah studi deskriptif yang bertujuan untuk melihat kualitas pendidikan melalui asesmen kerangka kerja Literasi Sains dengan berfokus pada pembelajaran IPA di kota Bandung. Studi dilakukan dengan melihat kemunculan indikator-indikator Literasi Sains berdasarkan PISA 2015, yang dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Data dikumpulkan menggunakan empat macam instrumen yang digunakan untuk menganalisis 19 sampel naskah Soal Ujian Tengah Semester dari 19 SMP yang tersebar dan representatif di semua wilayah di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang paling dominan muncul dari empat domain literasi sains adalah adalah Aspek Pengetahuan dengan jumlah poin 346. Sedangkan adapun sub-indikator aspek Pengetahuan yang paling sering muncul adalah tentang Gerak dan Gaya sebanyak 45 poin. Meskipun demikian, diperoleh data bahwa kemunculan literasi sains pada Soal UTS pada SMP-SMP di Kota Bandung masih rendah.
Keywords: Analisis; Literasi Sains; PISA 2015.
Topic: Pembelajaran
Link: https://ifory.id/abstract-plain/93GQJtKyZuv2