SKF 2017 Conference

DIAGNOSTIK MISKONSEPSI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDUNG UNTUK TOPIK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Fauziatul Fitria, Dr. Novitrian S.Si.,M.Si.

Institut Teknologi Bandung


Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada siswa sejak mereka menempuh sekolah menengah. Bahkan siswa sudah mulai diperkenalkan tentang fenomena gejala alam sejak sekolah dasar. Namun, pada kenyataannya sebagian besar siswa memiliki perspektif negatif tentang fisika. Hal ini karena mereka tidak dapat memperoleh nilai yang baik meskipun mereka telah melakukan berbagai usaha. Berbagai penelitian juga telah banyak dilakukan untuk menemukan metode belajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Namun, hingga saat ini fisika masih menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa, yaitu dengan mendiagnostik adanya miskonsepsi yang terjadi selama pembalajaran fisika berlangsung. Tes diagnostik yang diberikan yaitu berupa beberapa gambar benda/sistem dan siswa diminta untuk menggambarkan diagram gaya dari benda/sistem tersebut. Hasil diagram gaya yang digambarkan oleh siswa nantinya akan dianalisis untuk setiap masing-masing benda/sistem.

Keywords: Miskonsepsi, fisika, diagnostik,metode, belajar

Topic: Pendidikan Fisika

Link: https://ifory.id/abstract-plain/9CtKwzPWM4LU

Web Format | Corresponding Author (Fauziatul Fitria)

PDF (5,717 kB)