PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP VIRUS DAN BAKTERI DI SMA
Citra Dewi (a), Riandi (b), Any Fitriani (c)
a) program Magister Pendidikan Biologi sekolah Pasca Sarjana UPI
Jl Dr. Setiabudi No.229 , bandung
0
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis praktikum virtual terhadap penguasaan konsep virus dan bakteri di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu satu kelas dengan pembelajaran praktikum virtual sebagai kelas eksperimen dan satu kelas dengan pembelajaran menggunakan media power point sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada taraf signifikansi α = 0,05 antara penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum virtual pada konsep virus dan bakteri tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.
Keywords: Praktikum virtual, penguasaan konsep siswa. Virus dan bakteri.
Topic: Pembelajaran (EDU)