SNIPS 2017 Conference

Penggunaan Uji Rancangan Blok Teracak Lengkap dalam Menentukan Efektifitas Collaborative Learning melalui Media Video Tutorial
Dewi Ranti

SMKN 5 Kota Bekasi


Abstract

Pembelajaran matematika yang bermakna sekarang ini sedang digiatkan. Bermakna artinya pembelajaran tidak hanya dipandang sebagai sebuah teori, melainkan sebagai sebuah aktivitas yang berkaitan erat dengan kebutuhan hidup di dunia nyata. Menyikapi hal tersebut, sebuah rangkaian rancangan pembelajaran dibuat. Rancangan pembelajaran dibuat dengan menggunakan dua model pembelajaran. Model yang pertama adalah drilling. Drilling menitikberatkan pada cara penyelesaian semua variasi soal. Latihan ini dilakukan berulang-ulang. Dengan menggunakan model ini, nilai rata-rata yang dihasilkan adalah 62,06, nilai minimum 42 dan nilai maksimum 82. Model yang kedua adalah Collaborative Learning melalui media video tutorial. Model ini mengharuskan siswa bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Dalam kelompok, siswa diminta mengamati video tutorial yang berbeda-beda di tiap kelompok, untuk kemudian ditiru dan dimodifikasi dengan tugas kelompok yang telah diberikan. Video tutorial buatan siswa tersebut kemudian dipresentasikan di depan kelas. Akhir kegiatan ini adalah tes individu yang menghasilkan nilai rata-rata 78,79, nilai minimum 42 dan nilai maksimum 100. Dari nilai rata-rata terlihat adanya peningkatan prestasi. Hasil kegiatan ini juga diuji dengan Rancangan Blok Teracak Lengkap. Hasil uji tersebut juga memperlihatkan bahwa adanya pengaruh positif dari model pembelajaran Collaborative Learning terhadap prestasi siswa.

Keywords: Drilling Strategy, Collaborative Learning, Rancangan Blok Teracak Lengkap, Video Tutorial

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/9RzyB6nU7djx

Web Format | Corresponding Author (dewi ranti)