FMI 2019 Conference

Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Image, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty (Studi Terhadap Mahasiswa Pengguna Smartphone di Tarakan)
Rahmat; Marso

Departemen Manajemen
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan
Tarakan, Indonesia


Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh langsung brand experience terhadap brand image, brand satisfaction, dan brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Tarakan. Sampel penelitian ini terdiri dari 128 responden yang ditarik dengan metode nonprobability sampling. Software yang digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen serta menguji hipotesis penelitian ini adalah SmartPLS 3.0 Professional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand image, pengaruh langsung brand experience terhadap brand satisfaction tidak signifikan, pengaruh langsung brand experience terhadap brand loyalty tidak signifikan, brand image berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand satisfaction, pengaruh langsung brand image terhadap brand loyalty tidak signifikan, dan brand satisfaction berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Brand loyalty. Selain membahas hasil pengujian pengaruh langsung, peran brand image dan brand satisfaction sebagai variabel mediator juga dibahas dalam penelitian ini. Secara teoritis, hasil penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan anteseden loyalitas pelanggan; sedangkan secara pragmatis, temuan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan loyalitas pengguna Smartphone.

Keywords: brand experience, brand image, brand satisfaction, brand loyalty, Smartphone, SmartPLS

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/9ZmFdE8CrY6B

Web Format | Corresponding Author (Rahmat Rahmat)