SNIPS 2017 Conference

PENGARUH BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS
Imas Ratna . E 1,a) ,Fitriana Hidayati 2,b)

uhamka Jakarta


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Semester II di SMA Negeri 10 Tangerang. Dimana design eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dalam bentuk One Group Pre-test ? Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Tangerang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampel atau sampel bertujuan. Hasil analisis data penelitian ini menggungkapkan, bahwa dari hasil uji signifikansi data, didapatkan nilai thitung adalah 4.7727, sedangkan ttabel = 2.021. Sehingga didapatkan thitung < ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan maka H0 ditolak atau H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh dalam Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Induktif, Berpikir Kreatif

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/9dwtFGRuzjEL

Web Format | Corresponding Author (Imas Ratna Fitri Hidayati)