MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE DAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING
Mangadar Simbolon, Nia Marito Pakpahan
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Advent Indonesia
Jl. Kolonel Masturi No. 288, Parongpong, Bandung
Abstract
Model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan model Problem Centered Learning (PCL) adalah model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap kedua model ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G di SMPN 3 Lembang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model SSCS berada pada kategori tinggi, sedangkan model PCL berada pada ketegori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memperoleh model SSCS dan siswa yang memperoleh model PCL.
Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share, Model Problem Centered Learning.
Topic: Pembelajaran