Perbandingan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Simulasi PhET Dengan Menggunakan Kit Praktikum Teori Kinetik Gas
Wawan Andriana, Vina Serevina, Cecep E Rustana
Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kelompok siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi yang menggunakan metode eksperimen dengan simulasi PhET dan metode eksperimen dengan kit praktikum. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sebagai uji hipotesis. Setelah melalui uji hipotesis terhadap data, didapat hasil t-hitung (3,052) lebih besar dari t-tabel (1,668) dengan &
Keywords: hasil belajar, kit praktikum, metode eksperimen, simulasi PhET
Topic: Pembelajaran (EDU)