SNIPS 2016 Conference

MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA
Ronawan, A.N.M. Salman

Kelompok Keahlian Matematika Kombinatorika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung
email: Rona.menawan[at]gmail.com, msalman[at]math.itb.ac.id


Abstract

Pengembangan kecakapan matematika merupakan tujuan yang harus dicapai dalam belajar matematika. Kecakapan matematika meliputi pemahaman konsep, kelancaran prosedur, kompetensi strategis, penalaran adaptif, dan disposisi produktif. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai sarana yang mendukung, salah satunya adalah buku pelajaran matematika. Buku pelajaran matematika memiliki peranan penting dalam menunjang kesuksesan belajar matematika. Dengan demikian, buku pelajaran matematika yang digunakan harus disusun menggunakan pendekatan yang menghantarkan siswa untuk mengembangkan kecakapan matematikanya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kecakapan matematika tersebut adalah pendekatan pendidikan matematika realistik. Terdapat enam prinsip dalam pendidikan matematika realistik yaitu prinsip aktivitas, realitas, level, keterkaitan, interaksi, dan bimbingan. Teorema Pythagoras merupakan salah satu materi yang sangat baru bagi siswa SMP/MTs Kelas 8. Sebelumnya siswa sama sekali belum terlibat dan mempelajari materi tersebut. Untuk menguasai materi Pythagoras dibutuhkan penguasaan beberapa materi sebelumnya antara lain segitiga dan bilangan kuadrat. Pada makalah ini dituliskan pengalaman penulis dalam menyusun materi teorema Pythagoras yang dipandang mampu mengembangkan kecakapan matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Di samping itu, materi ini disusun dengan memperhatikan keseimbangan antara kemampuan otak kanan dan kiri. Berdasarkan pendekatan tersebut, materi teorema Pythagoras yang disusun tersebut disajikan dengan menggunakan ilustrasi, gambar, atau masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari (realistik). Media-media tersebut digunakan untuk mengeksplor apa yang sudah diketahui siswa dan apa yang dipikirkan siswa tentang materi yang disajikan. Selanjutnya disajikan sebuah kegiatan, diskusi, dan projek yang melibatkan siswa secara aktif. Melalui berbagai media tersebut, diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya, melatih kemampuan berstrategi, melatih daya nalar sehingga diharapkan siswa menjadi mudah dalam memahami konsep yang sedang dikaji. Selain itu, melalui kegiatan diharapkan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga sikap siswa terhadap matematika menjadi positif. Dengan demikian, diharapkan siswa bisa menguasai materi matematika, khususnya teorema Pythagoras ,dan prestasi siswa dalam matematika bisa meningkat.

Keywords: teorema Pythagoras, kecakapan matematika, matematikas SMP/MTs

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/A3UXp7k8HWqw

Web Format | Corresponding Author (Ronawan -)

PDF (930 kB)