SNIPS 2015 Conference

Bahan Ajar Modul IPA Terintegrasi dengan Tema Kesehatan yang disusun Menggunakan 4 Steps Teaching Material Development
Anita Marina Maryati*, Any Fitriyani

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Model kurikulum terintegrasi telah banyak disebutkan dapat membuat pembelajaran sains lebih bermakna bagi peserta didik. Pada kenyataannya di lapangan, sains belum diajarkan secara terintegrasi, melainkan masih secara terpisah antar disiplin-disiplinnya. Bahan ajar, sebagai satu dari tiga komponen utama dalam pembelajaran, harus dapat disajikan dengan tepat untuk mencapai pembelajaran sains yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan menyusun modul bahan ajar IPA terintegrasi dengan tema Kesehatan, untuk kelas 8 IPA SMP. Metodologi penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan pendidikan (Education Research and Developmet). Adapun penyusunan bahan ajar dilakukan dengan metode 4S TMD (4 Steps Teaching Material Development) yang terdiri dari tahap seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik. Pada tahap seleksi ditentukan materi-materi yang akan dibelajarkan kepada siswa. Pada tahap strukturisasi dibuat struktur makro dan peta konsep dari pokok-pokok materi dalam bahan ajar. Pada tahap karakterisasi ditentukan bagian-bagian mana saja dari materi yang termasuk karakter mudah, sulit, sederhana, dan kompleks. Pada tahap reduksi didaktik, dilakukan pengurangan tingkat kesulitan agar bahan ajar dapat dipahami siswa dengan lebih mudah.

Keywords: bahan ajar, modul, integrasi, kesehatan, 4S TMD

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/AJvPrWnR4Zth

Web Format | Corresponding Author (Anita Marina Maryati)