REKONSTRUKSI RANCANGAN PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI ENERGI
Hanni Shofiah*, Dr. Setya Utari M.Si, Muhammad Gina Nugraha M.Pd
Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rancangan pembelajaran IPA pada materi energi yang dapat memfasilitasi literasi sains siswa. Rancangan pembelajaran tersebut direkonstruksi dari hasil observasi proses pembelajaran di salah satu sekolah dan dibangun berdasarkan profil literasi sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan desain cross-secsional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 91 orang di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes literasi sains berdasarkan karakteristik framework PISA 2015, pedoman wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh selama dua pertemuan adalah pembelajaran IPA di sekolah kurang memfasilitasi literasi sains siswa. Profil literasi sains siswa diperoleh dengan menggunakan teknik pesentase pada setiap aspek domain kompetensi dan pengetahuan. Pada domain kompetensi, ketercapaian siswa sebesar 57,94% untuk aspek menjelaskan fenomena ilmiah (K1); 37,91% mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah (K2); serta 57,91% untuk menginterpretasikan data dan bukti ilmiah (K3). Sedangkan pada domain pengetahuan, ketercapaian siswa sebesar 60,16% untuk konten; 60,99% prosedural; dan 29,95% untuk epistemik. Maka dapat disimpulkan bahwa ketercapaian literasi sains siswa cukup rendah terutama pada kompetensi K2 dan pengetahuan epistemik. Sehingga diperlukan rancangan pembelajaran yang dapat memfasilitasi literasi sains siswa.
Keywords: Literasi sains, framework PISA 2015, cross-secsional
Topic: Pembelajaran (EDU)