SNIPS 2018 Conference

Penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Fisika Berbantuan Komputer (CAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Global Warming
Devi Saidulloh (a*), Agus Danawan (b**), dan Amsor (c***)

a) Departemen Pendidikan Fisika,
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia , 40154
*devisaidulloh[at]student.upi.edu
b)Departemen Pendidikan Fisika,
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia , 40154
**ad[at]upi.edu
c) Departemen Pendidikan Fisika,
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia , 40154
***amsor.fisika[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komputer. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel dengan diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komputer atau Computer Assisted Instruction (CAI). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Hasil peningkatan kemampuan analisis menunjukkan nilai dikategorikan sedang dengan nilai 0,40. Perapan PBL berbantuan komputer berpengaruh pada aspek organizing dan differentiating dengan kategori sedang. Namun pada aspek attributing dikategorikan rendah.

Keywords: Kemampuan Analisis, Computer Assisted Instruction (CAI), Problem Based Learning (PBL), Global Warming

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/B3kqhRcw9nLN

Web Format | Corresponding Author (Devi Saidulloh)

PDF (438 kB)