SNIPS 2016 Conference

Analisis Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Pada Materi Fluida Dinamis
Kitri Mipa Utami (a*), Parsaoran Siahaan (b), Purwanto (b)

a) Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
*kitri.mipa[at]student.upi.edu

b) Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi Fluida Dinamis. Subjek yang diambil pada penelitian ini yaitu 31 orang siswa SMA kelas XI di salah satu SMA negeri kota Bandung. Sikap siswa terhadap pembelajaran pada penelitian ini diukur menggunakan TOSRA (Test Of Science Related Attitude). Hal ini dikarenakan sikap siswa yang akan diukur adalah sikapnya terhadap pembelajaran Fisika yang meliputi lima aspek yaitu Dampak sains terhadap sosial (Social Implication of Science), Sikap terhadap penyelidikan ilmiah (Attitude of Scientific Inquiry), Kesukaan terhadap Sains (Enjoyment of Science Lessons), Ketertarikan mengisi waktu luang dengan sains (Leisure Interst in Science), dan Ketertarikan bekerja di bidang sains (Career Interst in Science). Hasil dari penelitian menunjukan lingkungan belajar yang positif berpengaruh positif kepada sikap siswa terhadap pembelajaran Fisika.

Keywords: Sikap Siswa, TOSRA, Fluida Dinamis

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/BA3g7yf84kbY

Web Format | Corresponding Author (Kitri Mipa Utami)