SNIPS 2016 Conference

PROFIL GRAPHING SKILL SISWA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Nurcahya Meisadewi (1*), Sri Anggraeni (2) , Bambang Supriatno (2)

1) Mahasiswa Departemen Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
*nurcahyameisadewi[at]gmail.com
2) Dosen Departemen Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Graphing skill merupakan keterampilan membuat dan menginterpretasi grafik, yang termasuk bagian dari keterampilan kuantitatif. Keterampilan ini perlu dimiliki oleh siswa guna menghadapi tantangan di abad 21 yang lebih kuantitatif, khususnya menunjang keberhasilan biologi di abad 21. Guna membekali siswa dengan keterampilan tersebut, pengembangan graphing skill siswa perlu didasarkan pada profil atau gambaran awal graphing skill siswa di lapangan. Penelitian deskriptif ini dilakukan di sebuah sekolah di Jawa Barat dengan tujuan untuk mendapatkan profil (gambaran) awal graphing skill siswa kelas X pada materi perubahan lingkungan. Data diambil dari salah satu kelas X di sekolah tersebut (34 orang). Instrumen graphing skill yang digunakan dikembangkan berdasarkan indikator tingkatan menginterpretasi dari Bertin�s (1983), sedangkan untuk instrumen membuat grafik menggunakan data tabel terkait materi perubahan lingkungan. Instrumen tes berupa tes tertulis, sebelumnya telah melalui tahapan validasi (judgement expert) dan ujicoba. Secara umum hasil analisis data menunjukan bahwa skor tertinggi siswa berada pada kemampuan menginterpretasi grafik tingkat dasar, sedangkan untuk keterampilan membuat grafik diperoleh bahwa siswa masih kesulitan dalam: (1) menentukan tipe grafik, (2) menuliskan judul grafik yang tepat, (3) menentukan sumbu koordinat untuk variabel bebas atau variabel terikat, beserta label sumbu dan satuannya, (4) membuat legend, dan (5) menentukan skala.

Keywords: Graphing Skill, perubahan lingkungan, keterampilan kuantitatif

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/BgYUpbAfDQRM

Web Format | Corresponding Author (Nurcahya Meisadewi)

PDF (330 kB)