pengembangan bahan ajar pada materi sel volta berorientasi multipel representasi kimia
hani haviyani, ida farida, imelda helsy
UIN sunan gunung djati bandung
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa bahan ajar sel volta yang berorientasi multipel representasi kimia. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu : 1) studi pendahuluan 2) design produk 3) validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan produk. Dari penelitian dihasilkan suatu produk bahan ajar yang memiliki karakteristik penyajian materi dengan menghubungkan tiga level representasi (level makroskopik, level submikroskopik dan level simbolik) dilengkapi dengan mode representasi gambar dan multimedia. Representasi makroskopik disajikan melalui fenomena di lingkungan disertai dengan langkah-langkah percobaan yang mudah dilakukan. Representasi submikroskopik disajikan dalam teks, gambar dan video. Representasi simbolik disajikan melalui persamaan reaksi dan perhitungan yang relevan. Validasi konten dilakukan melalui pertimbangan ahli dan uji coba kelayakan bahan ajar terhadap 20 orang mahasiswa dan 3 orang guru sekolah menengah. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Keywords: Bahan Ajar, Sel Volta, Multipel Representasi
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/BkEjR3Fc7vqU