SNIPS 2017 Conference

Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing pada Materi Gerak Melingkar
Syarifah Hafizah*, I Made Astra, Raihanati

Program Studi Pendidikan Fisika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur 13220
*syarifahafizah[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif pada materi gerak melingkar sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA. Video interaktif yang dikembangkan disusun berdasarkan tahapan pembelajaran inkuiri terbimbing dan dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian dilakukan di Laboratorium Pengembangan Media Jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: 1) analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta analisis kompetensi dasar, 2) membuat storyboard atau rancangan video dan desain Lembar Kerja Siswa (LKS), 3) menyusun video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CS6, serta uji kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, 4) Uji coba produk video secara terbatas, 5) Evaluasi dan Revisi produk. Penelitian ini menghasilkan produk video pembelajaran interaktif menggunakan metode inkuiri terbimbing pada materi gerak melingkar.

Keywords: video pembelajaran, interaktif, inkuiri terbimbing, gerak melingkar

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/BxjCLAptkgvn

Web Format | Corresponding Author (Syarifah Hafizah)