ANALISIS HASIL TES FISIKA BERBASIS PENALARAN YANG BERORIENTASI KERANGKA TIMSS
Taofik Fadillah*, Asep Sutiadi, Muslim
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah penilaian. Aspek kognitif yang dinilai salah satunya adalah penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tes fisika berbasis penalaran yang berorientasi kerangka TIMSS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMA di Kota Bandung dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA berjumlah 93 siswa. Siswa diberikan tes berbasis penalaran dengan jumlah 22 soal yang terdiri dari 6 soal materi elastisitas, 8 soal materi fluida satis, 5 soal materi kalor, dan 3 soal materi optik. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata siswa kelas atas dan kelas rendah untuk masing-masing materi yaitu; 4,92 dan 2,28 untuk materi elastisitas, 7,08 dan 2,76 untuk materi fluida statis, 4,76 dan 1,84 untuk materi kalor, serta 1,92 dan 0,16 pada materi optik.
Keywords: Tes fisika, Penalaran, TIMSS.
Topic: Pembelajaran