SNIPS 2018 Conference

Literate programming: contoh implementasinya dalam pembelajaran sains
Dasapta Erwin Irawan1*, Cut Novianti Rachmi2, Sandi Herho1

1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Padjadjaran


Abstract

Kode sering diajarkan dalam pembelajaran sains. Selain dapat menuntun alur pikir, kode juga melatih ingatan serta kreativitas. Saat menulis laporan, sering kali kita menggabungkan narasi dengan kode dan luarannya menggunakan teknik salin tempel. Cara ini tidak praktis. Literate programming dapat membantu Anda menulis laporan (atau artikel) dengan menggabungkan narasi-kode-luaran secara otomatis. Dalam artikel ini, kami menayangkan aplikasi literate programming menggunakan Bahasa Python dengan Jupyter Notebook untuk melakukan analisis statistik sederhana terhadap data kualitas air tanah di Bandung. Dari hasil yang didapatkan, metode ini dapat digunakan untuk menjelaskan tahapan analisis sejak membuka data, memanipulasi data untuk menyiapkan data, visualisasi, hingga analisisnya secara naratif yang menyatu dengan kode perintah dan luaran prosesnya.

Keywords: literate programming, reproducible research

Topic: Komputasi dan Pemodelan

Link: https://ifory.id/abstract-plain/CQJfHx2ev6Mm

Web Format | Corresponding Author (Dasapta Erwin Irawan)