SNIPS 2016 Conference

Media Pembelajaran Berbasis Video dan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gerak Melingkar Hubungan Roda-roda Di SMA
Yogi Ginanjar*, Vina Serevina, dan Bambang Heru Iswanto

Prodi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
Jalan Pemuda No.10, Jakarta 13220, Indonesia
*yogebrader[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari temuan dilapangan, bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam praktikum gerak melingkar pada hubungan roda-roda dirasa masih belum memenuhi kebutuhan proses pembelajaran. Sejalan dengan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis video dan software tracker pada materi gerak melingkar hubungan roda-roda untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Sekolah Menengah Atas. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan kajian pustaka. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall dimana terdiri dari: Penelitian pendahuluan, Perencanaan pengembangan model, validasi, evaluasi, revisi dan Implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan test hasil belajar. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media. Hasil validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20.

Keywords: Media Pembelajaran, Pemahaman konsep, Hubungan roda-roda

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/CRzKAcMJ7hB9

Web Format | Corresponding Author (Yogi Ginanjar)