SNIPS 2016 Conference

Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi untuk Siswa SMA
Nur Qomariyah(*), Desnita, A. Handjoko Permana

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
*nurqomariyah1695[at]gmail.com


Abstract

Buku pengayaan merupakan jenis buku non teks pelajaran yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar pendukung bagi siswa. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan buku pengayaan pengetahuan tema fenomena gunung berapi terintegrasi materi fisika untuk siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan dasar pemikiran bahwa siswa membutuhkan sumber belajar pengayaan fisika yang topiknya berhubungan dengan fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Bab V Pasal 6 yang menyebutkan bahwa dalam proses pembelajaran guru maupun siswa dapat menggunakan buku pengayaan guna menambah pengetahuan dan wawasan. Kajian fisis fenomena gunung berapi dapat dijelaskan dengan berbagai konsep fisika tertentu seperti kalor, tekanan, dan fluida. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan pendidikan yang dirancang oleh Dick dan Carey. Penulisan buku pengayaan disesuaikan dengan pedoman penulisan buku non teks pelajaran yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan yang meliputi: 1) komponen penyajian; 2) komponen materi, 3) komponen bahasa; dan 4) komponen grafika. Hasil penelitian ini berupa buku pengayaan pengetahuan kajian fisis fenomena gunung berapi untuk siswa SMA.

Keywords: buku pengayaan pengetahuan, gunung berapi, kalor, tekanan

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/CVZ6HgTcdxRF

Web Format | Corresponding Author (Nur Qomariyah)

PDF (875 kB)