SNIPS 2015 Conference

Implementasi Pembelajaran Entreprenaur Melalui Metode �JagaWarung-Komedi Putar� Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mendiskripsikan Filum Dalam Dunia Hewan
Ruswanto

Sekolah Indonesia Singapura
20A Siglap Road
Singapore


Abstract

Tujuan pembelajaran metode �Jaga Warung-Komedi Putar� pada materi biologi dilakukan dengan cara membagi kelompok, dan membagi tugas siswa yang menjadi 2 sebagai penjaga warung dan 2 sebagai pembeli. Diskusi kelompok dengan cara berputar (mirip komidi putar). Guru menghadirkan komedi putar. Seluruh modalitas belajar siswa (visual, audio, dan kinestetik) tercakup di dalam metode �Jaga Warung-Komedi Putar�. Keterlibatan berbagai indera di dalam proses ini pun cukup tinggi, artinya melalui metode ini siswa akan menguasai hasil belajar dengan optimal. Berdasarkan data, dari 17 siswa yang memiliki nilai ≤ 75 maka dinyatakan bahwa 100% siswa berhasil dalam pembelajaran konsep Mendeskripsikan Vertebrata. Keuntungan dan keunggulan pembelajaran Biologi dengan menggunakan metode �Komedi Putar-Jaga Warung, Konsep PAIKEM terciptakan. Nilai-nilai Karakter dapat terimplementasi melalui metode ini. Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat tergali melalui: Olah Hati (Spiritual and emotional development) , Olah Pikir (intellectual development), Olah Raga dan Kinestetik (Physical and kinestetic development), dan Olah Rasa dan Karsa ( Affective and Creativity development).

Keywords: �Jaga Warung-Komedi Putar �, Jiwa Entreprenaur, Hasil Belajar Biologi

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/CeAw4Zr38a7B

Web Format | Corresponding Author (Ruswanto Ruswanto)