POKJANASTOI 2019 Conference

KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM KOTA TANGERANG SELATAN PERIODE MARET 2018
Humaira Fadhilah(1)*, Syifa Urrahmah(2), Anis Dwi Kristiyowati(3)

1)*STIKes Kharisma Persada, Kota Tanggerang Selatan
2)STIKes Kharisma Persada, Kota Tanggerang Selatan
3)STIKes Kharisma Persada, Kota Tanggerang Selatan


Abstract

Pengukuran kepuasan pasien merupakan elemen penting dalam penyediaan pelayanan lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) obat di instalasi farmasi di RSU Kota Tangerang Selatan Periode Maret 2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, pengambilan data dengan teknik total sampling. Data primer yaitu lembar kuesioner sebanyak 125 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, persentase, dan CSI. Hasil penelitian dari pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yaitu sebanyak 125 responden terdiri dari 52,80% wanita dan 51,2% pria. Tingkat kepuasan pasien berdasarkan pelayanan KIE dengan pengukuran CSI didapatkan hasil sebesar 75,8%, nilai tersebut berada pada rentang 0,601-0,80. Angka ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan berada pada kategori “Puas” terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan.

Keywords: Kepuasan Pasien, KIE, CSI, RSU Kota Tanggerang Selatan

Topic: Farmasi Klinis dan Komunitas

Link: https://ifory.id/abstract-plain/Cu3g7kMDWmdB

Web Format | Corresponding Author (Humaira Fadhilah)