FMI 2019 Conference

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda
Ahyar M. Diah, Johan Lucas Away, Tandi Kadang, Syachrul

Politeknik Negeri Samarinda


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda, dan mengukur seberapa jauh faktor-faktor secara bersama-sama mempunyai hubungan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa termasuk mengetahui tingkat kesenjangan antara perceived performance dan expectation. Data yang digunakan adalah data primer dari 334 mahasiswa sebagi responden pengguna jasa Politeknik Negeri Samarinda. Terdapat 50 variabel yang diteliti dan dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas alpha sebesar 0, 9817. Hasil analisis faktor mampu mengekstraksi 50 variabel menjadi 6 faktor yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memutuskan untuk memilih jasa pelayanan Politeknik Negeri Samarinda yaitu kehandalan, kemampuan, empati, pelayanan, bukti fisik dan perhatian. Faktor tersebut menyumbangkan variance sebagai berikut; kehandalan (53,905%), kemampuan (6,165%), empati (3,597%), pelayanan (2,923%), bukti fisik (2,564%), dan perhatian (2,062%). Secara keseluruhan nilai cumulative percentage of variance 71,215% hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor secara bersama-sama mempunyai hubungan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa terhadap jasa Politeknik Negeri Samarinda. Sedangkan hasil Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa keenam faktor tersebut merupakan indikator dari berbagai faktor yang meliputi: Petunjuk pemberian pelayanan, kemampuan staf memberikan pelayanan, antusias staf membantu mahasiswa, keramahan, staf dapat menciptakan rasa percaya diri mahasiswa, kemudahan memperoleh informasi, kesungguhan menerima keluhan, perhatian khusus kepada mahasiswa, wawasan staf, kehandalan staf yang terpercaya, tata karma staf, kesediaan staf untuk berdiskusi, harus menjadi prioritas utama bagi pihak manajemen Politeknik Negeri Samarinda. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda berada dalam kuadran II (pertahankan prestasi) ini perlu terus dipertahankan oleh manajemen Politeknik Negeri Samarinda.

Keywords: Kepuasan, perceived performance, expectation, Politeknik Negeri Samarinda

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/CweBzDvfVpr3

Web Format | Corresponding Author (Ahyar Muhammad Diah)