SNIPS 2016 Conference

PROFIL KOMPETENSI AWAL PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) MAHASISWA PADA PERKULIAHAN FISIKA SEKOLAH
Unang Purwana, Liliasari

Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penalaran (reasoning) merupakan salah satu bagian dari berpikir yang aplikasinya dalam proses inkuiri ilmiah dikenal sebagai penalaran ilmiah (scientific reasoning). Kompetensi bernalar ilmiah selayaknya dimiliki oleh mahasiswa calon guru di LPTK agar dapat menjadi pemikir yang kritis dan pemecah masalah yang efektif. Penelitian awal ini merupakan rangkaian penelitian yang secara umum bertujuan mengembangkan model pembelajaran inovatif sebagai wahana melatihkan dan mengembangkan kompetensi bernalar ilmiah mahasiswa pada matakuliah Fisika Sekolah. Penelitian awal ini bertujuan mengukur kondisi awal (base-line) mahasiswa peserta matakuliah tersebut sebanyak 20 orang pada tahun akademik 2015/2016 dengan menggunakan instrumen Lawsons Classroom Test of Scientific Reasoning � LCTSR (Lawson, 2000), yang mencakup aspek kemampuan: konservasi siswa (students� conservation) , berpikir proporsional (proportional thinking), identifikasi dan kontrol variabel (identification and control of variables), berpikir probabilistik (probabilistic thinking), berpikir korelatif (correlative thinking), dan berpikir hipotetik deduktif (hypothetic-deductive thinking ability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi awal mahasiswa dalam bernalar ilmiah pada aspek proporsional dan probabilitas berada pada kategori cukup, pada aspek konservasi dan kontrol variabel berada pada kategori kurang, sedangkan pada aspek korelasi dan hipotesis deduktif berada pada kategori kurang sekali. Hasil pengukuran tersebut kemudian dikaji relevansinya dengan tahap perkembangan berpikir mahasiswa sehingga menghasilkan rancangan model pembelajaran hypothesis-based inkuiri untuk meningkatkan kompetensi bernalar ilmiah mahasiswa calon guru fisika.

Keywords: penalaran, penalaran ilmiah, dan model pembelajaran hypothesis-based inkuiri

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/DPFVcAwmJkZv

Web Format | Corresponding Author (Unang Purwana)

PDF (316 kB)