Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
Khoiriyah*), Siswoyo, Vina Serevina
Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka RT. 11 / RW. 14, Rawamangun, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Prodi Fisika FMIPA UNJ, Jl. Pemuda No 10, Jakarta 13220
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep siswa fisika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi Elastisitas di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 89 Jakarta pada semester genap. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa yang mempunyai kondisi yang sama. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol (Ekspositori). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Instrumen penelitian berbentuk soal pilihan ganda beralasan sebanyak 20 butir soal. Data hasil tes kedua kelas berdistribusi normal dan sampelnya homogen. Pada pembelajaran di kelas siswa mengalami perubahan pada sikap dan aktivitas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pada kelas eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep
Topic: Pembelajaran