FMI 2019 Conference

PENGARUH KEPRIBADIAN, PRESTISE, DAN REPUTASI UNIVERSITAS PADA NIAT MEMILIH UNIVERSITAS
M. Nurhaula Huddin dan Nafiuddin

Universitas Serang Raya


Abstract

Potensi pasar universitas bisa dikategorikan masih terbuka lebar, oleh sebab itu universitas bersaing dalam menarik calon mahasiswa untuk memilih universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kepribadian universitas, prestise universitas dan reputasi universitas pada niat memilih universitas. Penelitian ini juga menggunakan konsep Theori of Planned Behaviour (TPB) untuk mengetahui perilaku yang direncanakan calon mahasiswa dalam memilih universitas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 420 responden yang didapatkan dengan melakukan survei secara langsung kepada siswa Sekolah Menengah Atas di Provinsi Daerah Yogyakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian universitas berpengaruh positif pada sikap calon mahasiswa memilih universitas, prestise universitas tidak berpengaruh pada sikap calon mahasiswa memilih universitas, reputasi universitas berpengaruh positif pada sikap calom mahasiswa memilih universitas, sikap berpengaruh positif pada niat perilaku memilih universitas, norma subyektif berpengaruh positif pada niat perilaku memilih universitas, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh positif pada niat perilaku memilih universitas

Keywords: kepribadian universitas, prestise universitas, reputasi universitas, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, niat memilih

Topic: Manajemen Strategi

Link: https://ifory.id/abstract-plain/DVn2cZbfrumH

Web Format | Corresponding Author (Nafiudin .)